Banjir, Kasatlantas Polres Tuba Laksanakan Pengalihan Arus

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang-Hujan deras dengan Intensitas tinggi yang mengguyur semenjak Kamis, (9/3) dini hari WIB, membuat jalan Lintas Timur KM 107 Kali Miring, Kampung Astra Ksetra, Kabupaten Tulang Bawang mengalami banjir.

Informasi terkini dari pantauan Jalurnews.com, pada pukul 10:30 WIB di Jalinsum Km 107 Kali Miring, Kampung Astra Ksetra Tuba terlihat masih belum bisa dilalui oleh sejumlah kendaraan, dan nampak juga di Tugu Garuda Satlantas melakukan pengalihan jalan akibat banjir tersebut. Kasatlantas Polres Tulangbawang Iptu Glen Felix, S.tr.K, SIK membenarkan keadaan tersebut.

“Jadi memang betul kita laksanakan pengalihan arus kendaraan yang datang dari Unit 2 kita alihkan melalui Jalur Lintas Timur Jalan Asia Bawang Latak dan juga gerbang Tol Menggala,” jelas Kasatlantas Iptu Glen Felix.

Kasatlantas Iptu Glen Felix mengatakan pengalihan arus jalan tersebut guna untuk antisipasi dan mencegah penumpukan dan kemacetan yang berkepanjangan.

“Kondisi jalan tepatnya di Kali Miring memang tidak dapat dilalui oleh kendaraan sehingga untuk mencegah penumpukan dan kemacetan yang berkepanjangan kita laksanakan pengalihan arus tersebut,” ungkap Kasatlantas Polres Tuba.

Kasatlantas mengutarakan untuk pengalihan arus waktunya belum bisa dipastikan sampai kapan dilaksanakan, pasalnya melihat perkembangan situasi.

“Apabila memang sudah bisa dilintasi dan aman untuk dilintasi maka kita akan buka kembali dan normalkan arus secara bertahap,” kata Iptu Glen Felix.

Sementara dalam pantauan Aiptu Deny Ertanto, SH mewakili Kasatlantas Tuba, saat dilokasi Jalan Lintas Timur KM 107 Kali Miring Kampung Astra Ksetra Tuba melaporkan situasi terakhir pada pukul 10:30 WIB, pada Kamis (09/03/2023).

Aiptu Deni mengatakan hingga kini ketinggian debit air mencapai dengan ketinggian 80 cm, Ia menghimbau agar mengambil rute alternatif melalui jalan tol, baginya terpenting yaitu selalu berhati-hati dan menjaga serta mengutamakan keselamatan.

“Pada pukul 10:30 WIB kembali melaporkan situasi terakhir kondisi banjir di Jalan Lintas Timur KM 107 Kali Miring Kampung Astra Ksetra terlihat pada jalan saat ini masih terendam banjir dengan kedalaman rata-rata 80 cm,” Kata Aiptu Deni.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan menuju dari Bandar Lampung maupun sebaliknya arah Menggala, kami himbau untuk segera mengambil rute alternatif yaitu melalui jalan Tol dan juga utamakan keselamatan, salam presisi,” katanya.

Sementara ditempat terpisah, Di jalan Simpang Bawang Latak, Kanit Turjawali Satlantas Polres Tulangbawang, Ipda Agus Heri Thama Linto, S.Pd, M.Si melaporkan kegiatan beserta satuan Lalu Lintas Polres Tulangbawang pada Pukul 11:10 WIB dalam rangka pengalihan arus banjir di Jalan Lintas Timur KM 107 Kali Miring Astra Ksetra Tuba, Linto mengatakan untuk sementara dapat dikendalikan dengan aman.

“Untuk sementara arus lalu lintas dari arah Jalintim Lampung Timur mengarah ke Unit 2 Tulangbawang sementara lalu lintas ramai lancar, demikian sebaliknya dari Unit 2 mengarah ke Jalan lintas Timur Lampung Timur ramai lancar dan dapat dikendalikan,” ucap Ipda Linto.

Penulis : Erdiansyah, SP.

Berita Terkait