Turki Sepakat Tambah 50 Juta Vaksin Setelah Penelitinya Mengatakan Sinovac Efektif Hingga 91,25%

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Jakarta – Data sementara dari uji klinis terbaru di Turki menunjukkan vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan farmasi China, Sinovac Biotech 91,25 persen efektif.

Hasil ini jauh lebih baik dibanding hasil uji klinis yang dilaporkan dalam uji klinis terpisah di Brazil.

Dilansir dari Reuters, tim peneliti di Brazil, yang juga melakukan uji klinis tahap tiga, Rabu (23/12/2020), mengatakan keefektifan vaksin itu lebih dari 50 persen, tetapi menangguhkan untuk merilis hasil lengkap uji klinis itu atas permintaan Sinovac. Hal ini menimbulkan pertanyaan soal transparansi.

Tim peneliti di Turki, Kamis (24/12/2020), mengatakan tidak ada efek samping yang signifikan dalam uji klinis tahap akhir itu, selain laporan tentang reaksi alergi yang dialami satu partisipan. Mereka mengatakan efek samping vaksin yang umum adalah demam, nyeri ringan dan sedikit rasa kelelahan.

Uji klinis tahap akhir di Turki dimulai pada 14 September lalu dan melibatkan lebih dari 7.000 sukarelawan. Namun hasil yang diumumkan pada Kamis (24/12/2020) ini baru berdasarkan pada data dari 1.322 orang.

Sinovac adalah perusahaan farmasi pertama di China yang merilis rincian dari uji klinis tahap akhir, menyusul hasil positif dari vaksin yang dikembangkan Pfizer-BioNTech, Moderna, dan AstraZeneca bulan lalu.

Tim peneliti Turki, yang berbicara bersama Menteri Kesehatan Fahrettin Koca, mengatakan 26 dari 29 orang yang terjangkit Covid-19 dalam uji klinis itu diberi plasebo. Mereka menambahkan uji klinis itu akan berlanjut hingga 40 orang terjangkit virus itu.

“Kini kami yakin bahwa vaksin ini efektit dan aman (untuk digunakan) oleh warga Turki, ujar Koca, dan menambahkan bahwa Ankara akan menggunakan data itu untuk lisensi vaksin tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa para peneliti awalnya berencana mengumumkan hasil itu setelah 40 orang terjangkit virus itu, tetapi temuan itu menunjukkan bahwa para relawan itu mengalami efek samping yang minimal setelah divaksinasi, dan karenanya dianggap aman.

“Meski berisiko, kami melihat ada gambaran yang sangat ringan di mana tiga orang yang positif Covid-19, tidak mengalami demam atau masalah pernafasan.. Kami dapat dengan mudah mengatakan alih-alih berisiko, tiga orang itu mengalami efek samping yang ringan,” ujarnya.

Turki telah sepakat untuk membeli 50 juta dosis vaksin Sinovac dan sedianya akan menerima vaksin itu pada 11 Desember lalu. Namun pengirimannya telah ditangguhkan.

Koca mengatakan tiga juta dosis vaksin akan tiba pada Senin (28/12), dan menambahkan bahwa kelompok pertama yang akan divaksinasi di Turki akan berjumlah sembilan juta orang. Kelompok ini mencakup para petugas kesehatan.

Sinovac juga telah menandatangani kesepakatan untuk memasok vaksin yang disebut CoronaVac itu pada beberapa negara lain, termasuk Indonesia, Brazil, Chili dan Singapura. Sinovac juga masih berunding dengan Filipina dan Malaysia.

Sumber: Reuters

Berita Terkait