Songsong HUT ke-25 Tulang Bawang, Winarti Sebar Benih Ikan Nirwana

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang – Dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Tulang Bawang, Bupati Dr. Hj. Winarti, S.H., M.H melakukan penyebaran benih ikan Nila Nirwana sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan biota air serta untuk meningkatkan dan menjaga ekosistem ikan khususnya di sungai Tulang Bawang.Kegiatan penebaran ikan tersebut dilaksanakan tepat di Tangga Raja. Kelurahan Ujung Gunung, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang. Selasa (1/3).

Kepala Dinas Eka Saputra, M.M mengatakan tebar benih ikan tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Kabupaten Tulang Bawang.

Menurutnya kegiatan tebar benih ikan ini dilaksanakan atas partisipasi Unit Pelayanan Teknis Dasar Balai Benih Ikan (UPTDBBI) di bawah naungan dinas perikanan Kabupaten Tulang Bawang.

Ia menyampaikan lebih kurang sebanyak 50.000 benih ikan Nila Nirwana di tebar di perairan sungai Tulang Bawang.

“Lebih kurangnya sekitar 50.000 benih ikan akan ditebar di perairan sungai Tulang Bawang”, kata Eka Saputra Kadis Perikanan Tuba.

“Ini merupakan salah satu dari 25 program ungggulan BMW dimana pemerintah berkomitmen menggerakkan dan meningkatkan perekonomian berbasis masyarakat”, ungkapnya.

Ia mengatakan Kabupaten Tulang Bawang diketahui dikenal merupakan daerah yang mempunyai potensi dan penyumbang hasil perikanan baik itu di darat, sungai dan laut di Provinsi Lampung.

Lanjutnya, penyebaran benih ikan Nila Nirwana adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian biota air agar populasi ikan di perairan tersedia, terpelihara, dan berkembang serta memajukan pemberdayaan ekosistem.

Selain itu ia menambahkan harapan dalam pengambilan hasil panen ikan harus secara ramah dan tidak melanggar ilegal finishing.

“Dan yang paling terpenting saya menghimbau agar masyarakat menjaga dan sekaligus memperkenalkan ikan Nila Nirwana yang merupakan jenis baru,keunggulannya tidak diragukan lagi dimana dalam jangka waktu tiga bulan dapat menghasilkan atau mencapai hasil 500 gram atau setengah kilo gram” papar Kadis perikanan.

Dirinya juga mengutarakan secara estapet program itu akan diteruskan dalam pemberdayaan pada kelompok pembudidaya ikan dalam wilayah Kabupaten Tulang Bawang.

“Terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah berkontribusi”, tutupnya.

Ditempat yang sama, Bupati Tuba Dr. Hj. Winarti, S.H., M.H menyampaikan dalam arahannya kegiatan tebar ikan tersebut yang digelar di Tangga Raja merupakan sebuah tempat destinasi atau tempat wisata yang cukup baik.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan upaya menebar kebaikan, menebar benih ikan untuk pendapatan nelayan Tulang Bawang.

“Dianggarkan minimal satu tahun dua kali penyebaran benih ikan Nila Nirwana”, ucap Bupati Winarti.

Bupati Winarti juga menyebutkan HUT Kabupaten Tuba yang Ke-25 sebentar lagi akan dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2022 mendatang.

Bupati menjelaskan ada beberapa even tidak seperti biasanya yang sangat ramai dan yang tidak menimbulkan euforia, tapi secara inti akan mampu melaksanakannya dengan mengedepankan protokol kesehatan yang kegiatan tersebut bertajuk pagelaran festival bertajuk seni budaya Megou Pak Tulang Bawang dan akan ada juga terdapat pertandingan sepak bola.

“Secara inti kegiatan ini sifatnya mampu mengedepankan protokol kesehatan”, ulasnya.

Kegiatan HUT ke-25 Tuba, kata Bupati Winarti akan digelar pada tiga titik di Kabupaten Tuba antara lain,
Pertama, di Taman Ikan Jelabat, Kecamatan Menggala.

Kedua, di Taman Merah Putih, Kecamatan Banjar Agung.

Dan Ketiga, Taman Kerukunan, Kecamatan Banjar Margo.

“Dengan tiga titik tempat berbeda ini, putra putri Tulang Bawang bisa tampil, yang inti kegiatannya disamping menghindari Covid-19 bagaimana seni budaya dan festival Megou Pak pun terlaksana”, imbuhnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut , Kadis perikanan, Dan lanud Bunyamin, Kapolres Tuba Kajari Tuba, Kemenag Tuba, pejabat petinggi pratama dan forkofimda Tuba.( Erdiansyah S, SP.)

Berita Terkait