Bupati Bengkalis Terima Sertifikat Level 3 Dari BPKP Perwakilan Provinsi Riau

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis raih tiga sertifikat sekaligus dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Pusat melalui BPKP Perwakilan Provinsi Riau.

Ketiga sertifikat dimaksud yakni Setifikat Kapablitas APIP, Sertifikat Penyelenggaraan Maturitas SPIP serta Sertifikat Manajemen Resiko, masing-masing sertifikat pada level 3, yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir kepada Bupati Bengkalis Kasmarni, di Ballroom Hotel Surya Duri, Kamis 6 April 2023.

Usai menerima penyerahan sertifikat Bupati Kasmarni dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas dukungan serta kerja sama yang telah diberikan oleh BPKP Perwakilan Provinsi Riau selama ini, terutama dalam mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik.

“Terima kasih kepada BPKP Perwakilan Provinsi Riau yang selama ini telah memberikan bimbingan dan dukungannya kepada kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dan kami berharap BPKP Perwakilan Provinsi Riau dapat terus membimbing serta memberikan tunjuk ajarnya kepada kami Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis.” Ucap Kasmarni.

Apresiasi dan penghargaan juga lanjut Buk Kas, saya berikan kepada Inspektorat Kabupaten Bengkalis beserta 21 perangkat daerah yang menjadi sampling dan pejabat/tim yang kami sebut sebagai “pejuang SPIP Pemerintah Kabupaten Bengkalis” atas pencapaian dan prestasi ini.

“Saya yakin, semua ini merupakan wujud dari komitmen kita bersama yang sungguh-sungguh sepanjang tahun 2022 dalam meningkatkan kualitas pengendalian internal serta mitigasi terhadap risiko kegiatan dalam mencapai visi dan misi dengan menjujung tinggi nilai integritas,” ucapnya.

Hasil evaluasi atas penilaian penyelenggaran SPIP terintegrasi Pemerintah Kabupaten Bengkalis ini telah menunjukkan tingkat kapabilitas APIP di lingkungan Inspektorat Kabupaten Bengkalis berada pada level 3, artinya APIP kita telah melaksanakan aktivitas pengawasan sesuai dengan standar, dan hasil pengawasan APIP telah berkualitas dalam memberikan keyakinan memadai atas ketaatan yang efektif, efisien dan ekonomis, peringatan dini, dan peningkatan efektivitas manajemen risiko, serta perbaikan tata kelola.

Demikian juga dengan penyelengaaraan manajemen risiko, yang telah menggambarkan kualitas implementasi manajemen risiko pada level 3, semua ini merupakan prestasi luar biasa yang selama ini belum pernah kita raih.

Namun untuk Indeks Efektivitas Pengelolaan Korupsi (IEPK), jelas Kasmarni kita masih berada pada level 2 dengan nilai 2,838.

“Makanya saya tegaskan, untuk tahun 2023 ini saya minta IEPK Pemerintah Kabupaten Bengkalis harus berada pada level 3, sejajar dengan kapabilitas APIP, maturitas SPIP dan manajemen risiko yang sudah berada di level 3, dan berdasarkan hasil evaluasi BPKP, nilai IEPK kita sudah berada pada indeks 2,838. Ini berarti tinggal sedikit lagi menuju level 3 hanya sebesar 0,16, makanya saya minta hal ini menjadi PR dan target kinerja kita semua pada tahun 2023 ini,” pinta Bupati.

Selain itu tambah Bupati Kasmarni, akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Bengkalis hasil evaluasi dari Kemenpan RB tahun 2022, masih berada pada predikat B dengan nilai 67,40 berarti sebesar 2,6 point lagi predikat BB bisa di raih.

“Kembali saya minta semua pihak untuk bekerja lebih ekstra agar pada tahun 2023 ini prediket BB juga bisa kita raih. Sebenarnya seluruh pencapaian kinerja yang telah kita raih maupun apa yang menjadi target kita sebagaimana yang telah saya sebutkan di atas, sebenarnya selaras dengan misi kita yakni “mewujudkan reformasi birokrasi serta penguatan nilai-nilai agama dan budaya melayu menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan masyarakat yang berkarakter”, yang tertuang pada tujuan yaitu “mewujudkan tata kelola dan akuntabilitas kinerja pemerintahan yang baik”. Ucapnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau dalam arahannya berharap prestasi ini bukan akhir dari inovasi dan peningkatan mutu kerja perangkat daerah, akan tetapi harus menjadi loncatan untuk terus berprestasi dan meraih level yang lebih tinggi.

Tampak Hadir pada penyerahan sertifikat tersebut Plt Sekda Bengkalis dr. Ersan Saputra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Toharudin, Asisten Administrasi Umum Aulia, Inspektur Bengkalis Radius Akima serta Pejabat Tinggi Dilingkup Pemkab Bengkalis serta Camat Se-Kabupaten Bengkalis.(INF)

Berita Terkait