Penanaman 5000 Pohon Mangrove TNI AL Tarempa Dihadiri Wakil Bupati Anambas

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Temburun – Peringati hari Mangrove Sedunia Pangkalan TNI AL melaksanakan penanaman 5000 pohon mangrove di Kabupaten Anambas.

Peringati hari Mangrove Sedunia Pangkalan TNI AL Tarempa Laksanakan Penanaman 5000 bibit pohon Mangrov di Kabupaten Anambas diantaranya sekitaran Pulaua Palmatak beberapa pekanyang lalu, “Dilanjutkan pada puncak hari Mangrov sedunia dilakukan penanan di Kecamtan Sintan Timur Kabupaten Anambas, Selasa (26/07/2022).

Peringati hari mangrove sedunia Pangkalan TNI AL Tarempa laksanakan Penanaman 2000 pohon Mangrov di Dusun Selmbak Desa temburun Kecamatan Sintan Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan lansung oleh Komandan Pangkalan TNI AL Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S. E., M.Tr. Opsla.

Tampak hadir Wakil Bupati Kabupaten Anambas bersert jajranya, Perwira Penghubung 0318/Natuna, Perwakilan Kapolres Anambas, Capjari Naruna di Tarempa, Komandan Koramil 02 Tarempa berserta anggotanya, Sekeretari HNSI berserta anggotanya, Camat Siantan Timur, Kepala Desa Temburun, Tokoh Masyrakat, Alim Ulama Desa Temburun.

Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S. E., M.Tr. Opsla menyebutkan bahwa penanaman ini dilaksanakan secara serentak 77 (tutuh puluh tujuh) Satuan Komando Wilayah (Satkowil) TNI AL Angkatan Laut se- Indonesia.

Ia juga memaparkan khusus wilayah Kabupaten Anambas sudah dilaksanakan penanaman mangrove berjumlah lima ribu batang pohon (hinga hari ini).

“Untuk Anambas secara keseluruhan kita sendiri sudah menanam lima ribu bibit pohon mangrove, namun untuk hari ini kita pusatkan di Dusun Selmbak Desa Temburun,” paparnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan penanaman mangrove hari ini diikuti kurang lebih seratus orang.

“Alhamdulilah untuk kegiatan hari ini kurang lebih diikuti seratus orang yang terdiri dari Lanal Tarempa berserta anggota, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Pramuka Saka Bahari, dan seluruh Tokoh Masyarakat (Tomas), diseluruh wilayah setempat,” jelasnya.

Yovan juga berharap bahwa kegiatan yang dilaksanakan hari ini dapat diteruskan secara konsisten serta mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Anambas.

“Kami berharap agar ada dukungan penuh dari Pemerintah Anambas dalam mengerahkan instansi terkait dan juga dapat memenuhi pengadaan bibit mangrove itu sendiri,” harapnya.

Dirinya berpesan kepada seluruh masyarakat Anambas agar secara bersama-sama untuk menjaga mangrove diwilayah Kabupaten Anambas.

“Mari kita bersama-sama menjaga keaslian daerah kita terutama mangrove, karena pasti membawa manfaat untuk masyarakat dan generasi penerus kita nanti. Kami akan selalu mengawasi dan akan melakukan penindakan jika pohon mangrove dirusak atau disalah gunakan bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya. (Rohadi)

Berita Terkait