Tanggap Cepat, Komisi II Lakukan Monitoring Usaha Ternak Ayam Terkait Laporan Masyarakat

Editor: Redaksi

BENGKALIS – Komisi II DPRD Kab. Bengkalis melakukan Monitoring di beberapa fasilitas kandang ayam yang ada di Desa Buluh Manis berdasarkan laporan masyarakat yang tidak menerima karena limbah dari peternakan ayam yang menyebabkan masyarakat sesak napas dan iritasi kulit di Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis, Selasa 6 Juni 2023.

Bersama-sama mendengarkan keluhan masyarakat yang selama ini terkena dampak dari usaha ternak ayam tersebut, yaitu sejak usaha tersebut dilakukan masyarakat di sekitarnya di hadapkan dengan bau yang tidak sedap serta banyaknya lalat yang berpotensi akan membawa wabah penyakit di sekitarnya.

Dari Sidak yang dilakukan Komisi II, terlihat di lahan tersebut saat ini memang ada 7 kandang ayam potong dari Perusahaan Tuna Satwa Mandiri (TSM) yang terbuka dan tidak ada Blower, makanya bau ayam merembes ke masyarakat sekitar.

Wakil Ketua Komisi II Ruby Handoko alias Akok berpesan kepada penanggung jawab usaha ayam potong Perusahaan TSM, untuk dilakukan perbaikan dengan membuat perternakan berkonsep tertutup dan menggunakan Blower supaya tidak berbau sampai ke masyarakat, dari SKPD juga harus menyurati perusahaan terkait hal ini.

Selanjutnya, Zamzami Harun menyampaikan kepada penanggung jawab perusahaan TSM untuk menyampaikan kepada atasan terkait keluhan masyarakat ini.

“Dengan adanya para investor atau pengusaha tenaga kerja terserap, tetapi diharapkan tidak merugikan warga sekitar. Artinya jika SOP dijalankan, tentu pengusaha aman berusaha, masyarakat juga tenang dan nyaman,” ucap Hendri.

Komisi II meminta agar dinas terkait mengkaji apa tindakan selanjutnya yang harus dilakukan agar warga tidak merasa terganggu dengan bau ayam dan banyak lalat di lokasi tersebut.

“Saya berharap dinas terkait memanggil terlebih dahulu pihak perusahaan secepatnya,” tutur Adihan.(tim)

Berita Terkait