Bupati Winarti Hadiri Acara Pengukuhan dan Seminar IPHI Kabupaten Tuba

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, TULANG BAWANG, LAMPUNG – Bupati Tulang Bawang Dr. Hj Winarti SE., MH., menghadiri acara pengukuhan dan seminar Pengurus Ikatan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Tulang Bawang Masa Bhakti Tahun 2020-2025 M. Tema yang di angkat pada seminar tersebut bertajuk “Ekonomi Keumatan Menuju Tulang Bawang Maju dan Sejahtera Bersama IPHI Kabupaten Tulang Bawang”. Acara tersebut berlangsung di aula Masjid Baiturahman Islamic Centre Menggala, Rabu (24/11/2021).

Turut hadir di acara tersebut, Ketua DPRD Tuba, Sekda Tuba, Asisten 1 Tuba, Kanwil Provinsi Lampung, Dandim 0426,Ketua MUI Tuba, Tokoh agama, Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Ketua pondok pesantren Tulang Bawang, Kadis Dishub, Kadis DPMPTSP, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis DPMK, Kadis Kominfo, Camat, Kadis PPPA, anggota IPHI Tuba, Alumni Haji Tulang Bawang.

IPHI merupakan wadah berhimpun para alumni haji dari seluruh wilayah Indonesia yang bersifat permanen dan terorganisasi dengan Visi, Misi, dan program yang jelas serta prinsip-prinsip keorganisasian dan kepemimpinan yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dan nilai-nilai luhur budaya bangsa. Setiap lima tahun sekali.

Dalam Sambutannya Ketua IPHI Provinsi Lampung H. Tobroni Harun SE., MM., mengatakan selama dua tahun di era Pandemi Covid -19 ini ekonomi bangsa Indonesia mengalami Keterpurukan. Untuk itu, Kata Tobroni Bagaimana upaya mengembalikan dan membangkitkan kembali salah satunya adalah kembali ke basic awal dengan ekonomi mandiri yang di gerakkan dari ekonomi ekonomi desa.

Salah satunya adalah ekonomi syariah yang berdasarkan catatan, adalah satu keunggulan yang didirikan oleh pemerintah pusat maupun provinsi, jelasnya.

Ketua IPHI Lampung juga menyebutkan ada undang undang baru saat ini yaitu UU HPP (Undang Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan). Tiada lain adalah untuk mendongkrak pendapatan negara. Menurutnya, HPP itu sumbernya berasal dari seluruh komponen masyarakat.

Lebih lanjut, Ketua IPHI Provinsi lampung ini sampaikan Kementerian Agama dan Kementerian BKKBN telah bersinergi terkait masalah ekonomi stunting.dengan sinergi itu dapat meningkatkan potensi secara ekonomi dan juga akan nampak nantinya yaitu sebuah formula untuk menyelesaikan persoalan persoalan di tengah masyarakat khususnya legislatif.

Dirinya juga mengutarakan zakat mal dan zakat profesi juga dari IPHI akan mewadahi itu. Karena itu merupakan aset atau nilai tambah dalam rangka untuk membantu keluarga kita yang mengalami stunting ekonomi, jelasnya.

Di tempat yang sama Bupati Winarti dalam sambutannya Mengucapkan selamat kepada pengurus yang dikukuhkan hari ini, semoga amanah dan dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang, harapnya.

25 program sejalan dengan program IPHI, kedepan siap untuk ikut andil dalam membantu kegiatan yang ada di Tulang Bawang, tutur bupati.

Bupati Winarti Menyebutkan Saat ini kondisi Covid-19 di Kabupaten Tulang Bawang berada di level 1, diharapkan dalam kegiatan ini jaga kondisi yang baik ini Untuk tetap menjaga jarak aman dan pakai masker.

gotong royong dilaksanakan untuk mengurangi laju covid-19 di Tulang Bawang, vaksin ditulang bawang diselenggarakan sampai saat ini, ucap dia.

Dalam kegiatan ini pula diberikan Bantuan Tali Asih berupa sembako kepada anak yatim serta masyarakat sekitar yang membutuhkan dengan jumlah sembako 200 dari sumbangan dana pengurus IPHI, 10 anak yatim dan 10 kaum dhuafa diberikan Secara simbolis.

Sedangkan untuk sembako lain akan diberikan oleh pengurus IPHI yg ada di Tulang Bawang secara langsung. Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Reporter: Erdiansyah S,SP

Berita Terkait