Ditemukan Dugaan ODGJ di Desa Air Bini, Siantan Selatan

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Desa Air Bini – Ditemukan Gubuk kecil di TPA (tempat pembuangan akhir) sampah tepat di pinggir jalan Desa Air Bini, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Di temukan gubuk kecil di TPA (tempat pembuangan akhir) sampah milik Desa Air Bini beberapa hari yang lalu oleh awak JalurNews.com.

Sontak menjadi pusat perhatian awak Jalurnews.com ketika melihat ada sosok seorang laki-laki gondrong tinggal didalam gubuk kecil yang tidak layak huni itu. Namun yang sangat mengejutkan didepan gubuk tersebut terlihat kibaran bendera merah putih ketika itu.

Hal tersebut membuat awak media ini coba menggali informasi dari warga Dusun Desan, Desa Air Bini.

Ida warga setempat menjelaskan benar orang itu lumayan cukup lama tinggal disitu. Namanya Idas kalau tak salah saya beliau ada gangguan jiwa dia itu anak sini cuma beliau sempat merantau ke negeri jiran Malaysia. Ujarnya. Rabu siang (04/05/2022). Hampir satu pekan yang lalu.

Terpisah, Landa selaku kepala Desa Air Bini menjelaskan benar ada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). “Namanya Idas. Kami selaku aparat desa sudah berupaya membujuk beliau agar tinggal di tempat yang lebih layak,” ujar Kades Air Bini.

Kalau kebutuhan sehari-hari dari warga selalu memberi sumbangan terkadang dia mintak sama orang yang dekat dengan dia. “Selama disini dia tidak pernah membuat onar,” ucapnya.

Tambah Landa Selaku Kepala Desa Air Bini. Kami masih kesulitan untuk membawa beliau kerumah sakit jiwa, pasalnya dia tidak memiliki Kartu Penduduk (KK), sementara keluarga kandungnya tidak ada disini, ucapnya.

Rasa penasaran sejumlah awak media mengajak kepala Desa Air Bini menyambangi gubuk kecil yang di duga di huni Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Sejumlah awak media nyambangi gubuk kecil milik Idas yang didampingi Kepala Desa Air Bini. “Ketika dikasih ucapan Assalamualaikum Idas menjawab Wa’alaikumsalam. Silakan masuk bang,”Ucapnya.

Ada beberapa pertanyan yang dilontarkan sejumlah awak media ketika itu.

Dengan senyuman Idas bertanya. Abang ini dari mana. “Ucapdia.

Jawab sejumlah awak media, saya Fitra dari Antang; saya Rendra dari Tarempa; saya Rohadi anak Jaye dari Dusun Desa Pesiair Timur. Ucap para awak media ketika itu.

Idas (45) menjelaskan saya dulu pernah tinggal di Dusun Desa Pesiair Timur di teluk Denung; di Air Lubang, tempat pak long seman. “Rohadi anak paksu Jaye kan.”Ucapnya

Pada kesempata itu ia bertanya paksu Jaye apa kabar; Mizi apa kabar; pak long seman apa kabar. Ucap Idas. (Rohadi).

Berita Terkait