Anggota DPRD KKA Fahri Hidayat Sigap Turun Lapangan Adanya ODGJ di Desa Air Bini Siantan Selatan

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Air Bini – Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Fahri Hidayat Sigap terkait adanya berita dari JalurNews.com sebelumnya dugaan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berada di Desa Air Bini, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pantauan sejumlah media dilapangan terlihat rombongan Dinas sosial beserta Anggota DPRD Anambas menuju kelokasi Kecamatan Siantan Selatan, Desa Air Bini yang di duga Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) itu.

“Rombongan tersebut menggunakan sepeda motor, kendaraan roda dua, bersama Fahri Hidayat, Anggota DPRD Anambas, kader Partai Nasdem, Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial (RSPJS), Yuliansyah, SS, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos P3APMD) Kabupaten Anambas.

“lansung menyambangi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sedang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sampah milik Warga Desa Air Bini, Kecamatan Siantan Selatan. Di dampingi beberapa warga Dusun Genting, Kepala Desa Air Bini.

Dengan sigap Fahri Hidayat selaku anggota DPRD Anambas menghubungi kepala bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial (RSPJS).

“Tulisnya, saya sudah minta pihak dinas sosial melalui kepala bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial utuk melakukan kroscek di lapangan ucapnya. Via Whatsapp, selasa pagi (10/05/2022).

Fahri Hidayat yang di ketahui keturunan Abdul Rahman Kaya yang tinggal di teluk Encau. Ketika dikonfirmasi dia mengatakan kalau keluarga saya ini sangat jelas berasal dari daerah Air Bini.

Saya rasa sudah sepantasnya memperhatikan setiap persoalan yang ada di setiap daerah apa lagi di situ memang tempat tinggal leluhur saya dulunya.

“Yang pasti sekitaran dusun Genting Desa Air Bini itu masih jelas silsilah keluarga kami, ucapnya.

Makanya saya bersama pihak dinas sosial langsung gerak cepat turun kelapangan untuk melihat secara langsung kondisi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dinilai sangat memprihatinkan itu.

“Disini saya tegaskan jika ada warga atau masyarakat Anambas ataupun saudara saya dimana pun berada di Anambas jika melihat Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) jangan biarkan tinggal ditempat yang tidak layak, segera laporkan kedesa atau kedinas terkait agar dapat ditangani dengan baik.

Masih Kata Fahri Hidayat. “Kami dari DPRD tentunya sangat menginginkan agar Pemerintah Anambas bisa merespon cepat terkait penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Anambas ini. Tentunya dengan melalui prosedur yang ada”, kata Fahri yang akrab disapa Bang Dayat oleh masyarakat Anambas.

Saya sangat berharap, agar pihak keluarga abang Idas yang diduga Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) ini dapat bekerjasama dengan pihak Dinsos terkait prosedur yang akan dijalankan, serta dapat mengikhlaskan pasien agar bisa dirujuk untuk menuju proses kesembuhan.

“Tentunya dalam penyembuhan nanti, sangat dibutuhkan peran keluarga. Jangan dikucilkan”, harap bg Dayat.

Sementara itu, Kabid RSPJS, Yuliansyah yang didampingi beberapa setapnya ikut serta ketika melihat kondisi diduga Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Air Bini tersebut menyebutkan, pihaknya akan menindaklanjuti apa yang menjadi hasil dalam kunjungan tersebut.

“Kita Pelajari dulu kondisinya, atau kita pantau dulu beberapa kali dululah tentunya yang paling penting dalam pengobatan nanti salah satunya restu dari keluarga Abang Idas ini.

Jika sudah dapat restu atau izin secara tertulis dari keluarga terdekat nanti.

Jika sudah dapat ijin nanti pasien kita bawa, dan sebelumnya nanti juga akan diperiksa dulu kesehatanya oleh Dinkes”, ujarnya. (Rohadi)

Berita Terkait