Produsen Mobil KIA Motors Bangun Jip Militer Sekelas Humvee

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Jakarta, Sering dicibir mobil murahan, produsen otomotif asal Korea Selatan (Korsel), Kia Motors, berencana mengembangkan platform kendaraan militer baru buat pemerintah di negaranya.

Kia adalah salah satu pemasok besar kendaraan militer Korsel dan juga mancanegara. Produsen mobil Picanto, Rio, dan Seltos ini telah memproduksi lebih dari 140 ribu kendaraan militer ukuran 0,25 – 5 ton dengan lebih dari 100 varian.

Strategi ini masuk dalam rencana jangka menengah Kia yang tujuannya menciptakan kendaraan militer baru untuk mengganti model berukuran 2,5 ton dan 5 ton yang saat ini masih digunakan.

Kia merancang kendaraan ATV militer mirip Humvee berbasis SUV Mohave. Kendaraan militer buatan Kia.

Kendaraan militer dari platform baru itu disebut akan memiliki berbagai kecanggihan teknologi terkini, termasuk mesin diesel 7.000 cc dengan torsi melimpah, transmisi otomatis, fitur bantuan parkir, around view monitor, navigasi satelit, dan lainnya.

Prototipe proyek ini bakal dibuat pada tahun ini, lalu pemerintah Korsel akan mengevaluasinya pada 2021. Rencana produksi dikatakan dimulai pada 2024.

Platform baru ini tipe modular, artinya memungkinkan digunakan sebagai variasi kendaraan jenis lain, misalnya untuk kepentingan senjata khusus, misi tertentu, atau teknologi lebih rinci.

Kia melalui keterangan resmi juga menyampaikan sudah mengembangkan all-terrain vehicles (ATV) militer yang rencananya diperkenalkan awal tahun depan, sebagaimana dilansir CNN, Senin (2/11/2020).

ATV mirip Humvee buatan Amerika Serikat ini dibuat mengandalkan basis Mohave, SUV lebih besar dari Seltos namun lebih kecil dari Telluride, yang bukan hanya untuk kebutuhan militer tetapi juga buat sektor industri atau pariwisata.

Produk jip militer buatan KIA di Indonesia, digunakan oleh Korps Marinir yakni tipe KM-420 yang bentuknya unik dan aneh.

Penulis: Tata

Berita Terkait