Spesifikasi Laptop Untuk Video Editor dengan Harga Murah

Editor: Admin
10 pembaca
Ilustrasi | Sumber foto: Kabarr.com

JALURNEWS.COM, Jakarta – Laptop untuk edit video murah kini bisa didapatkan dengan mudah. Ada beberapa pilihan yang dibandrol dengan harga terjangkau. Tentu Anda perlu jeli memperhatikan spesifikasinya karena kebutuhan edit video perlu laptop dengan spesifikasi tertentu. Sebelum membeli, ada baiknya kalau Anda tahu ciri-ciri laptop untuk edit video yang terjangkau tapi lengkap.

Spesifikasi Laptop Murah untuk Edit Video yang Bisa Dibeli di Pasaran

Setelah merekam video, saatnya untuk membuat video tersebut lebih menarik baik sebagai konten Youtube, materi pengajaran atau kebutuhan lainnya. Untuk melakukannya Anda butuh laptop dan bukan sembarang laptop. Spesifikasinya harus cukup tinggi untuk bisa mengedit video. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau membeli laptop untuk edit video murah dan andal.

1. Prosesor yang Cepat

Kian cepat dan besar kapasitas prosesor, maka kemampuan laptop akan bisa untuk mengerjakan pengeditan yang Anda perlukan. Laptop Anda perlu memiliki prosesor minimal AMD Ryzen 3. Semakin banyak core processor laptop yang Anda miliki maka semakin baik kinerja laptop  saat merekam dan mengedit video.

Kini ada banyak opsi Laptop harga terjangkau dengan kisaran 5 jutaan. Prosesor dengan seri E-AMD atau CPU Intel Pentium sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan editing video. Kalau ingin lebih bagus lagi, prosesor Intel Atom atau Intel Core M CPU bisa dipertimbangkan, tapi tentu harga laptop dengan prosesor tersebut umumnya diatas harga 5 jutaan.

2. RAM / Memori Besar

Spesifikasi laptop untuk edit video murah juga perlu melihat kapasitas dari RAM Memorinya. Kapasitas sangat menentukan kelancaran pengeditan video. Kalau kapasitas tidak memenuhi ambang minimalnya, maka video sama sekali tidak bisa dibuka apalagi untuk diedit. RAM harus bisa menyimpan video yang direkam dan setelah diedit ukurannya bisa jadi lebih besar atau lebih kecil. Spesifikasi RAM memori yang mumpuni untuk laptop murah tapi bisa untuk kebutuhan edit video adalah dengan RAM minimal 4GB, kalau lebih besar sekitar 6 atau 8 GB tentu akan lebih baik. Opsi terbesar dengan pengerjaan yang leluasa adalah sekitar 16 RAM.

3. Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)

Masih untuk kebutuhan penyimpanan, Anda juga perlu memperhatikan Hard Disk Drive atau HDD dari laptop yang Anda minati. Media penyimpanan file pada laptop ini membutuhkan HDD yang luas dan cepat. Kalau Anda perlu memilih antara HDD yang besar dan cepat, pilihlah yang cepat karena kecepatan sangat penting dalam proses pengeditan video. Semakin cepat HDD berputar, maka akan lebih cepat laptop menemukan file yang diinginkan. HDD sekitar 7200 RPM akan lebih baik dari pada HDD 5400 RPM. Kapasitas HDD 320GB akan cukup bila dana Anda terbatas. Kalau ada yang HDD 500 GB atau 750 GB tentu pekerjaan editing akan lebih nyaman.Penampilan Layar Laptop.

4. Penampilan Layar Laptop

Laptop edit video dengan harga terjangkau kini hadir dengan layar fhd ips meskipun frame rate kecil. Jadi, Anda akan lebih leluasa melihat keseluruhan video dan membuat penyesuaian yang diperlukan. Body laptop juga seharusnya cukup besar dan tidak terlalu kecil karena Anda akan melihat video dan perlu melakukannya dengan ukuran yang paling nyaman untuk mata.

5. Resolusi

Hal lain yang tidak kalah pentingnya saat membeli laptop edit video murah adalah melihat besaran piksel yang akan tampil dilayar laptop. Resolusi 1366 x 768 piksel atau 1600 x 900 adalah opsi yang nyaman untuk mata orang kebanyakan. Biasanya laptop murah sekarang sudah memenuhi spesifikasi ini. Kalau Anda memiliki budget lebih besar, resolusi dengan 1920 x 1080 piksel akan membuat pengalaman editing Anda akan lebih optimal. Anda bisa menonton untuk waktu yang lama dan menyempurnakan video dengan lebih maksimal.

6. Bodi Laptop Tanpa Gimmick

Mengapa spesifikasi ini penting? Karena laptop untuk kebutuhan main games dan edit video walau memiliki kemiripan tapi ada perbedaan yang besar diantaranya. Bodi laptop tanpa gimmick gaming dan sejenisnya akan lebih mudah dioperasikan sebagai laptop untuk keperluan buat video.

Pilihlah laptop dengan bentuk yang simple dan mudah dibawa-bawa. Gimmick gaming justru akan mendistraksi dari tugas Anda mengedit video.

7. Chip grafis / VGA

Keberadaan Graphic Chip atau VGA yang termasuk kelas tinggi juga menjadi faktor penentu apakah laptop Anda bisa dipakai untuk edit video atau tidak. Umumnya VGA sudah menjadi bawaan dari laptop jadi perhatikan bagian tersebut baik-baik.

Intel Skylake terbilang standar minimal untuk harga terjangkau dan bisa untuk mengedit video.  VGA kelas tinggi dengan discrete graphics processor dari AMD atau Nvidia adalah Chip Grafis yang lebih baik bila Anda memiliki opsi untuk memilih diantara keduanya.

Demikianlah beberapa spesifikasi penting dari laptop edit video murah dan handal. Anda bisa mencari laptop dengan spesifikasi minimal seperti yang telah dibahas di atas. Tapi untuk kenyamanan jangka panjang, bisa melirik laptop dengan kapasitas atau ukuran yang lebih besar.

Ciri khas laptop untuk editing yang terjangkau yang memenuhi semua spesifikasi diatas adalah laptop  Hp 14s Ryzen 3.  Anda bisa membeli laptop tersebut secara online melalui Blibli. Tiap toko akan memberikan spesifikasi detail tentang kemampuan tiap produk.

Jadi, Anda bisa memutuskan untuk membeli laptop jenis tersebut beserta perangkat pendukung lainnya. Blibli adalah salah satu marketplace terbaik di Indonesia dengan berbagai fitur yang mendukung kemudahan dalam berbelanja. Yuk, kunjungi situs resminya, unduh aplikasi Blibli pada ponsel Anda dan mulai mencari laptop untuk edit video murah yang sesuai dengan budget Anda. 

Penulis : Redaksi

Berita Terkait

HPN