Sarapan Lezat untuk Penderita Darah Tinggi

Editor: Redaksi

JALURNEWS, Jakarta- Tekanan darah tinggi bisa memicu penyakit jantung dan diabetes. Karena penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan maka yang paling penting adalah meminimalisir faktor risikonya.

Pola makan dan asupan makanan berperan penting pada penurunan tekanan darah. Karenanya sangat perlu memilih, mengolah makanan dan mengonsumsinya dengan tepat.

Untuk mengurangi resiko darah tinggi mulai diminimalisir dari  saat sarapan, berikut  makan pagi sehat untuk penderita darah tinggi :

1.  Pisang dan Buah Lain

Buah-buahan segar kaya akan serat dan gula, juga sejumlah vitamin. Buah ini menjadi pilihan terbaik untuk sarapan. Asupan bahan alaminya bisa membuat jantung sehat dan mengurang hipertensi.

Pisang kaya akan potassium yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Buah segar bisa dimakan begitu saja. Atau padukan dengan yogurt tawar dan sereal. Selain pisang alpukat, beragam jenis berry juga bisa dikonsumsi di pagi hari.

2.  Yogurth

Produk fermentasi susu ini populer sebagai makanan sehat. Yogurt yang creamy asam ini mengandung bakteri baik yang membantu proses pencernaan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh.

yogurt kaya akan kalsium yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah. Sebaiknya jangan mengonsumsi yogurt dengan berbagai rasa. Pilihlah yogurt yang tawar lalu padukan dengan potongan pisang, granola, atau buah berry.

3.  Telur

Telur merupakan menu sarapan kegemaran orang di seluruh dunia. Telur juga asupan yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Putih telurnya memberi asupan protein. Sementara kuning telur memberi asupan vitamin, mineral, antioksidan dan lemak baik.

Menyantap satu butir telur saat sarapan akan memberi ras kenyang lebih lama. Juga membuat gula darah dan insulin lebih stabil. Sebaiknya olah telur dengan tambahan sayuran dan kurangi tambahan lemak. Orak-arik, omelet dengan paduan sayuran bisa jadi pilihan. Gunakan minyak olive untuk memasak telur.

4.  Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian yang rasanya renyah gurih dan kaya nutrisi. Juga mengandung lemak tak jenuh, protein, vitamin dan mineral. Karenanya jika dikonsumsi secara teratur bisa membantu kendalikan tekanan darah.

Bijian, kacang-kacangan dan polong-polongan berperan penting dalam pola makan sehat. Karenanya selalu tambahkan dalam konsumsi makanan harian dengan takaran sekitar 30 gram dalam satu sajian.

Jika dikonsumsi rutin kacang-kacangan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan total kolesterol. Tetapi tidak memicu kenaikan berat badan.Tambahkan dalam salad, oatmeal, smoothies atau taburkan dalam sup.

5. Oatmeal

Makanan sehat paling cocok untuk sarapan penderita tekanan darah tinggi. Oat yang kaya serat dan rendah sodium paling cocok jadi santapan pertama di pagi hari. Selain itu oat juga sangat mudah disiapkan, cukup beberapa menit sarapan siap.

Pilih oatmeal yang rendah gula. Selain dicampur susu kedelai atau susu almond dan sedikit madu bisa ditambahkan topping. Seperti buah-buahan segar dan kacang-kacangan yang disangrai.

Bisa juga kamu siapkan overnight oats. Cukup rendam 60 g oats dengan 125 g susu kedelai atau susu almond. Simpan semalamam dan paginya tambahkan sedikit buah segar.

 

Editor: Ara

Sumber: Detik

Berita Terkait