Cara Menjaga Kesehatan Kulit agar Glowing dan Kenyal

Editor: Admin
5 pembaca
Ilustrasi | Sumber: Istimewa

JALURNEWS.COM, Jakarta – Salah satu tips menjaga kesehatan kulit adalah dengan memastikannya selalu bersih. Hal ini sangat penting. Kuman penyakit bisa datang dan masuk melalui kotoran yang menempel di wajah. Sedangkan cara membersihkan wajah harus benar.

Sebagian orang mengira menggunakan sabun wajah atau facial wash saja sudah cukup. Seharusnya kita membersihkan dengan proses double cleansing atau dua tahap. Tujuannya adalah agar kulit benar-benar bersih terawat.

 Tips Memilih Micellar Water untuk Wajah

Membersihkan wajah menggunakan facial wash biasa dilakukan ketika mandi pagi dan sore. Caranya cukup mengeluarkan pembersih seujung kuku, kemudian menambahkan sedikit air dan menggosoknya sampai keluar busa. Selanjutnya gosok ke muka sampai bersih.

Ternyata cara ini belum cukup. Kotoran yang berat, apalagi jika menggunakan kosmetik waterproof tidak akan mudah hilang. Kamu membutuhkan double cleansing. Setelah membersihkan dengan sabun muka, lanjutkan menggunakan micellar water.

Micellar water sendiri merupakan skincare berbentuk air yang mempunyai kemampuan mengangkat kotoran secara maksimal. Selain debu, sisa make up, minyak dan sebum dapat terangkat sempurna. Kulit pun akan semakin bersih dan glowing.

Cara menggunakan micellar water cukup mudah. Basahi kapas sampai semua permukaan, kemudian gosok secara lembut pada wajah. Arahkan kapas dari bawah ke atas bagian wajah untuk mengangkat kotoran sambil memijatnya pelan.  Tips memilih micellar water yang baik adalah:

1.              Sesuaikan dengan jenis kulit

Seperti jenis skincare lainnya, untuk memilih micellar water yang tepat harus sesuai dengan jenis kulit. Jika berminyak maka pilih yang mengandung bahan untuk menetralisirkannya. Begitu juga sebaliknya untuk kulit kering, jangan memilih jenis yang mempunyai bahan pengurang kandungan air di muka.

Tidak sedikit yang asal pilih karena belum paham manfaat lain dari produk skincare tersebut. Micellar water bisa juga sekaligus sebagai penambahan bahan penting untuk kesehatan kulit. Jadi lebih multifungsi. Dengan demikian, selain praktis juga hemat.

Kondisi kulit juga turut berpengaruh pada pemilihan micellar water. Jika kulit mempunyai produksi sebum yang tinggi, bisa memilih Bioderma Micellar Water untuk jerawat. Bahan aktifnya akan mencegah perkembangan kuman penyebab jerawat.

Karena kondisi kulit berbeda beda, banyak produsen skincare mengeluarkan produk dengan jenis tertentu sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, Bioderma Micellar Water botol biru dan pink. Produk ini mempunyai aturan penggunaan khusus. Untuk yang mempunyai kulit kering menggunakan jenis bertutup biru.

2.              Tidak mengandung alkohol

Sifat alkohol yang mampu mengangkat kotoran banyak dimanfaatkan untuk membersihkan kulit wajah. Sedangkan pemakaian secara tidak benar justru dapat merusak kulit karena itu pastikan membeli micellar water jenis free alkohol agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Kamu dapat mengetahui kadar alkohol dari komposisi yang tertera pada kemasan. Selain itu bisa juga dengan mencium aromanya. Alkohol mempunyai aroma khas yang cukup menyengat. Selain itu bisa juga dengan meneteskan ke telapak tangan. Alkohol spesifik sehingga mudah untuk mengenalinya.

Jangan sampai kandungan bahan dalam skincare berdampak buruk pada kesehatan kulit. Meski saat ini belum langsung terlihat. Namun penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan residu yang menumpuk pada permukaan kulit, bahkan masuk ke lapisan bagian dalam.

3.              Teruji secara klinis

Produsen kosmetik yang baik akan menguji produknya sebelum menjual kepada konsumen. Memang tidak semua melakukannya. Selain membutuhkan biaya mahal juga waktu yang cukup lama. Selama hasil pengujian belum terbukti atau mendapatkan kesimpulan, maka produk belum bisa dipasarkan.

Membeli produk micellar water yang tidak pernah melalui pengujian klinik bisa berakibat fatal terhadap kulit. Belum ada yang tahu apakah komposisi di dalamnya ada yang bereaksi negatif terhadap kulit. Karena itu harus benar-benar selektif. Salah satu produk terbaik adalah Bioderma Micellar Water.

4.              Pastikan mengandung pelembab

Saat ini banyak produsen yang mengeluarkan produk multifungsi yang ternyata banyak dipilih oleh konsumen. Dengan menggunakan satu produk beberapa manfaat dapat diperoleh sekaligus. Sebagai contoh, jenis skincare yang dapat membersihkan sekaligus melembabkan. Dengan demikian kesehatan dan kekenyalan kulit tetap terjaga.

Untuk mengetahui manfaat produk tersebut, dapat melihat dari komposisi yang tertera pada kemasan. Biasanya akan tertulis jelas bahan pembuat, kadar dan manfaatnya bagi kulit. Hal ini memudahkan pengguna untuk memilih sesuai dengan kebutuhan.

Kelembaban kulit harus terus terjaga agar tetap kenyal dan tidak mudah mengalami iritasi. Kekeringan atau dehidrasi pada kulit dapat menyebabkan cepat mengalami keriput dan timbul flek yang sangat mengganggu penampilan.

Meski bisa menambahkan produk pelembab secara terpisah, namun jika tersedia langsung dalam micellar water tentu sangat menguntungkan. Jika akan bepergian tidak perlu membawa terlalu banyak produk, praktis, ringkas, simpel dan hemat.

Salah satu merek terpercaya adalah Bioderma. Produsen kosmetik ini mengeluarkan tiga jenis produk Bioderma, yaitu Sensibio yang berwarna pink untuk menenangkan dan membebaskan kulit dari make up dan polusi.

Jenis kedua dengan tutup berwarna hijau yang berfungsi membersihkan, memurnikan kulit tanpa membuatnya kering. Sedangkan yang terakhir, dengan tutup biru. Produk ini menghilangkan make up dan melembabkan.

Harga Bioderma Micellar Water cukup terjangkau. Kamu bisa membeli Bioderma Micellar Water di Blibli, marketplace terpercaya yang menyediakan berbagai jenis skincare dengan lengkap. Berbelanja di blibli sangat aman karena semua produk yang tersedia asli.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit sangat mudah. salah satunya dengan tetap memperhatikan kebersihan dan kelembabannya. Penggunaan produk skincare yang tepat dapat membantu untuk memiliki kulit wajah sehat, cantik dan awet muda.

Penulis: Redaksi

Berita Terkait

HPN