Catat! Ini Cara Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Editor: Nike

Kebersihan lingkungan harus dijaga sehingga tidak menjadi tempat berkembang bakteri maupun bibit penyakit. Begitu pula dengan kebersihan diri sendiri. Kebiasaan ini wajib ditanamkan sejak dini. Pada dasarnya kebersihan keduanya sama-sama penting dan saling terkait satu sama lain. 

6 Cara Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Sumber: https://pixabay.com/id/photos/gadis-kacamata-mengepel-pembersihan-1531575/

Menjaga kebersihan diri dapat dimulai dari membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Sementara untuk kebersihan lingkungan dapat Anda awali dari membuang sampah pada tempatnya. Selain cara-cara tersebut berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan supaya kebersihan diri dan lingkungan terjaga.

1.     Buang Sampah di Tempatnya

Biasakan selalu membuang sampah pada tempatnya ketika berada di rumah maupun fasilitas umum. Sampah yang menumpuk bukan hanya mengganggu keindahan lingkungan serta menimbulkan bau tidak sedap, tetapi juga dapat menjadi sarang berbagai bibit penyakit.

2.     Mencuci Tangan

Mencuci tangan memang terlihat sepele. Namun, kebiasaan ini ternyata dapat mempengaruhi kualitas hidup serta kesehatan. Pastikan Anda melakukan langkah cuci tangan yang benar dan gunakan pula cairan pencuci tangan harum lembut yang dapat diperoleh di marketplace seperti Blibli dengan harga terjangkau.

3.     Membuang Air yang Menggenang

Bila Anda melihat ada kaleng, plastik, atau wadah sejenis yang menampung air hujan sebaiknya segera buang airnya sehingga tidak menjadi sarang bagi jentik-jentik nyamuk. Selain itu, perhatikan pula apakah saluran air atau selokan menggenang. Bila memang mampet jangan ragu membersihkannya demi kesehatan serta kenyamanan bersama.

4.     Mandi Dua Kali Sehari

Mandi menjadi sejenis ritual yang kadang dilewatkan seseorang karena malas. Padahal disarankan untuk membersihkan diri setidaknya dua kali sehari agar kesehatan tetap prima. Bukan hanya itu, kebersihan gigi serta pakaian juga harus Anda perhatikan.

5.     Lakukan Daur Ulang

Sampah masih menjadi masalah lingkungan hingga saat ini. Sampah yang dibiarkan menumpuk begitu saja membuat lingkungan jadi tercemar. Bila Anda melihat hal ini di depan mata sebaiknya jangan abai.

Lakukan daur ulang sampah menjadi barang baru atau sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan. Sebut saja, mengolah sampah plastik menjadi tas, membuat tempat alat tulis dari botol bekas, sampah organik yang diolah menjadi pupuk, dan sebagainya.

6.     Memotong Kuku

Kebersihan kuku juga tidak kalah penting sehingga perlu dilakukan pemotongan secara teratur. Hal ini tak lain karena kuku yang panjang dapat menjadi sarang kotoran hingga cacing.

Menjaga kebersihan sudah menjadi kewajiban bersama. Bukan sebatas kebersihan diri, tetapi Anda harus memperhatikan kebersihan lingkungan juga. Dengan demikian, hidup yang sehat dan berkualitas pun bukan lagi sebatas mimpi.

Seperti telah dibahas sebelumnya bahwa menjaga kebersihan diri dapat dimulai dari mencuci tangan menggunakan cairan pencuci tangan. Tersedia dalam berbagai varian, kemasan, juga bisa diisi ulang menjadikan produk ini pilihan utama banyak orang. Penggunaannya pun cukup praktis dengan harga bersaing.

Bagi Anda yang tengah mencari cairan pencuci tangan, dapat membelinya di marketplace Blibli. Anda bisa dengan mudah memperoleh produk dengan harga terbaik. Berdiri sejak 2011 dan dikenal sebagai salah satu mal online paling besar di Indonesia, Blibli berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat demi kehidupan lebih baik dan memberikan kepuasan bagi pelanggan.

Blibli juga merupakan platform jual beli tepercaya dan berfokus pada B2B, B2C, dan B2B2C. Menawarkan beragam promo menarik setiap harinya, Anda tak perlu ragu untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di Blibli.

Berita Terkait