Hati-hati Minum Terlalu Banyak Kopi dapat Membuat Tubuh Menjadi Gemuk

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Jakarta – Minum Kopi dapat menyehatkan, tapi berlebihan minum kopi bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan jika salah menkonsumsi.

Minum terlalu banyak kopi bisa membuat tubuh menjadi gemuk, karena beberapa kandungan kopi ternyata bisa meningkatkan berat tubuh.

Apa kandungan kopi yang bisa bikin tubuh menjadi gemuk? Maria Zamarripa, ahli diet dari Amerika Serikat mengatakan kalau kandungan kafein pada kopi dapat menyebabkan turunnya kualitas tidur seseorang. Hal ini membuat sebagian orang mudah lapar dan menginginkan asupan gula yang berakibat nenambah asupan kalori, dilansir dari Healthline.

Kafein memang bermanfaat bagi tubuh kita. Seperti meningkatkan metabolisme, mempertajam fokus, menghilangkan stres dan lainnya.

Namun kafein juga bisa menciptakan perubahan hormonal yang dapat memicu kenaikan berat badan. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Libby Weaver ahli biokima dan kesehatan wanita yang telah diakui secara internasional, dilansir dari BHG.

Kata Weaver, kafein pada kopi dapat memengaruhi keseimbangan sistem saraf dan menyebabkan tubuh menyimpan lemak dan ini ditulis dalam bukunya ‘Accidentally Overweight’.

Weaver pernah memiliki klien yang minum kopi sebanyak 4 cangkir sehari dan ia bertambah berat badan hingga 3 kg. Dia pun akhirnya mencoba meyakinkan klien tersebut untuk mengurangi asupan kopinya per hari. Klien itu akhirnya hanya meminum 1 cangkir kopi sehari selama 4 minggu (1 bulan), dan bobot tubuhnya berkurang 4 kg, dilansir dari detikcom (22/11/2020).

Kandungan kafein yang bisa memicu tubuh menjadi gemuk, namun ada faktor lain. Faktor genetika seseorang juga berperan dalam menentukan seberapa cepat tubuh memproses kafein. Contohnya pada Gen CYP1A2 sangat cepat dalam berperan memproses kafein pada tubuh.

Tak hanya mempengaruhi metabolisme tubuh, kafein juga bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang. Ketika tidak bisa tidur nyenyak, tubuh menghasilkan hormon Leptin dan Ghrelin. Hormon tersebut diketahui dapat meningkatkan nafsu makan.

Yang harus diperhatikan dalam konsumsi kopi adalah penambahan bahan makanan lain, seperti tambahan gula, krimer, sirop, susu dalam kopi, karena itu sangat cepat mempengaruhi kenaikan berat badan.

Namun tidak akan terjadi masalah kalau mengonsumsi kopi hitam. Penelitian menunjukkan kalau kopi hitam seperti espresso atau kopi hitam tanpa gula dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Sumber: Healthline, BHG, Detikhealth

Berita Terkait