Tips Gowes Aman Saat Pandemi Virus Corona

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Jakarta – Pada masa pandemi virus corona bersepeda menjadi kegiatan olah raga yang digemari oleh banyak orang khususnya kaum remaja.

Kegiatan gowes ini diminati hingga melakukan touring demi mengisi waktu di masa pandemi ini. Untuk kamu yang sering Gowes pastinya harus menjaga kesehatan, karena Virus Corona bukan virus biasa yg bisa diabaikan begitu saja. Yuk Ikutin Tips Aman bersepeda di masa pandemi.

1. Update Informasi Kawasan Aman Bersepeda

Kamu mau bersepeda di saat PSBB ini? Jika ya, maka hal pertama yang harus traveler ketahui adalah adalah kawasan khusus pesepeda. Yakni, wilayah mana yang tetap buka ataupun ditutup.

Informasi kawasan gowes bisa didapatkan melalui berbagai sumber, salah satunya portal berita online terpercaya. Juga, rilis dari pemerintah setempat.

2. Menghindari Jalur yang Ramai atau Keramaian

Selama PSBB dan terkait kesehatan, traveler perlu memperhatikan jalur yang akan dilewati. Pilihlah jalur yang aman dan nggak terlalu ramai.

Selain itu, sebisa mungkin, hindari keramaian dan juga kawasan zona merah yang dapat dipantau perkembangannya secara online.

3. Bersepeda Secara Mandiri di Area Sekitar Rumah

Bersepeda memang lebih menyenangkan jika dilakukan beramai-ramai. Tapi, selama pandemi virus Corona, gowes lebih baik dilakukan secara mandiri.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) melalui keterangan yang diberikan oleh dr. Michael Triangto, Sp.KO, mengimbau agar masyarakat dapat bersepeda secara mandiri atau maksimal lima orang (yang tinggal dalam satu rumah, bukan orang lain) di area sekitar tempat tinggalnya.

4. Utamakan Prinsip Jaga Jarak dan Memakai Masker

Meskipun saat bersepeda traveler nggak bersentuhan langsung dengan orang lain, namun traveler tetap perlu menjaga jarak. Jaga jarak antarpesepeda dari depan ke belakang diimbau oleh PDSKO yaitu minimal 20 meter.

Selain jaga jarak saat gowes, penggunaan masker yang baik dan benar juga perlu diperhatikan. Jangan lupa membawa hand sanitizer dan membersihkan sepeda, terutama di bagian-bagian yang bersentuhan dengan tangan.

5. Dilakukan dengan Intensitas Sedang, Bukan Tinggi

Bicara tentang olahraga secara keseluruhan dan terkait pencegahan risiko penularan COVID-19, olahraga dengan intensitas tinggi nggak dianjurkan oleh PDSKO karena justru menurunkan imunitas. dr. Michael menyebut olahraga yang dianjurkan saat pandemi ini yang mengutamakan kebugaran, yaitu olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang. salah satunya, gowes.

6. Memastikan Tubuh dalam Kondisi Benar-benar Fit

Sebelum berangkat bersepeda, traveler harus memastikan bahwa kondisi tubuh benar-benar sehat dan bugar. Itu untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan saat gowes.

7. Pakaian yang Pas

Terakhir, gunakan juga pakaian yang lebih tertutup seperti kaos lengan panjang, celana panjang, dan topi saat gowes.

sumber: Detik Travel

Berita Terkait